idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki seorang remaja

idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki seorang remaja

Jumat, 13 November 2015

Masa Orientasi Pengurus (MOP) Pimpinan Komisariat MTs Ma'arif NU Sutojayan

Ahad 8 Oktober 2015, Pimpinan Komisariat MTs NU Sutojayan mengadakan Masa Orientasi Pengurus bagi calon pengurus PK IPNU IPPNU yang baru. Kediatan ini dilaksanakan sebagai pembekalan pengurus sebelum pengurus dilantik secara resmi. Agenda ini sudah dipersiapkan satu bulan sebelumnya. Pembina PK Ibu Fitri yang juga menjabat sebagai Waka Kesiswaan telah menghubungi Tim Kaderisasi PC untuk menghandle seluruh kegiatan MOP ini. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di MTs NU Sutojayan, sehingga pihak lembaga menyerahkan langsung seluruh agenda kepada Tim Kaderisasi.
Peserta MOP adalah calon pengurus PK IPNU-IPPNU yang telah terpilih. Sekalipun kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yang sama, namun kegiatannya terpisah putra dan putri. Karena lembaga ma’arif ini berlatar belakang pondok pesantren dan kegiatan juga dilaksanakan diarea pondok pesantren.
Kegiatan MOP ini dipandu oleh Tim Kaderisasi, yang mana dari IPNU diwakili Rekan Khoiri, Rekan Misbah, Rekan Misgi, Rekan Saerul, Rekan Ihsan dan Rekan Ilham. Sedangkan dari IPPNU diwakili Rekanita Afifah, Rekanita Azizah, Rekanita Zulia, Rekanita Umi, dan Rekanita Laili.
MOP dimulai pada pukul 07.00 WIB, diawali dengan ice breaking dan menyanyikan yel-yel untuk membakar semangat peserta. Setelah itu adalah out bond yang bertempat di lapangan. Ada 4 bagian dari outbond yang akan dilaksanakan, yaitu outbond kepemimpinan, keorganisasian dan karakter kepribadian. Jadi dalam outbond tidak hanya untuk bersenang-senang, namun juga belajar memahami dan mendalami apa sebenarnya kepemimpinan, organisasi dan seperti apa karakter kepribadian masing-masing peserta.
Dalam outbond ini peserta dibentuk dalam 8 kelompok dengan 5 anggota didalamnya. Outbond yang pertama adalah kepribadian diri. outbond ini dinamakan tanggap cerita. Pertama peserta membentuk sebuah lingkaran. terdapat 4 clue dalam outbond ini, jika leader yang berceria menyebutkan clue tersebut, maka peserta meirukan sesuai bentuk dan berkumpul sesuai dengan jumlahnya. Clue yang ditentukan adalah pohon untuk satu anak, motor berkumpul dua anak, traffic light berkumpul tiga anak, dan bunga berkumpul empat anak. Outbon ini bertujuan untuk menguji ketangkasan dan ketanggapan peserta. Selain itu juga menguji bagaimana cara peserta menghadapi hal yang mendadak atau terjadi tiba-tiba, disitu akan terlihat, cara setiap individu menghadapi masalah.
Outbond kedua terkait keorganisasian. Beberapa outbond yang dimainkan adalah Estafet bola, gelang berjalan, titanic dan game air. Dalam outbond ini dimainkan secara berkelompok. Disini tiap kelompok akan belajar lebih mendalam seperti apa sesungguhnya organisasi itu. Dari game yang dilaksanakan, peserta akan belajar untuk menghadapi masalah, menghadapi perbedaan satu lainnya dan menjaga kelompok agar tetap solid dan kompak. Selain itu hal yang ditanamkan dalam game ini adalah apapun yang tejadi dalam organisasi, jika dihadapi bersama pasti akan lebih mudah untuk terpecahkan masalahnya.
Selanjutnya outbond ketiga adalah kepemimpinan, setiap kelompok atau organisasi pasti ada yang menjadi leader atau pemimpin. Disinilah pemimpin dan anggotanya diuji dengan beberapa outbond. Outbond kali ini adalah kereta buta dan berburu. Pertama adalah kereta buta. Seluruh anggota menutup mata dan hanya leadernya saja yang tidak menutup mata. Leader bertugas untuk mengarahkan anggotanya untuk berjalan sesuai dengan rute yang ditentukan. Disinilah kepercayaan anggota terhadap pemimpinnya diuji, karena setiap jalan yang dilewati terdapat rintangannya. Sehingga akan terlihat apakah kelompok tersebut tetap solid atau justru terpecah. Dari game ini peserta dapat belajar bagaimana cara menjaga kekompakan, tetap kuat menghadapi rintangan dan tetap solid hingga garis finish. Sebagai leader juga belajar untuk menjadi pimpinan yang dapat dipercaya anggotanya serta mengarahkan anggotanya kejalan yang benar. Game selanjutnya adalah ketangkasan dalam memimpin. Game berburu ini menguji kecepatan berfikir tiap individu. Sehingga ketika adal masalah mereka mampu mengambil keputusan dengan cepat.
Season pertama yaitu outbond selesai pada pukul 12.00 WIB. Peserta langsung kembali menuju pondok untuk menunaikan ibadah sholat dzuhur, makan siang dan istirahat hingga pukul 14.45 WIB. Dari outbond yang telah dilaksanakan terlihat betapa besar antusias peserta dan semangatnya dalam mengikuti kegiatan MOP ini.

Selesai instirahat yang dilanjutkan sholat ashar, kegiatan kembali dimulai. Kegiatan selanjutnya adalah pendalaman terkait Ke-IPNU-IPPNU-an dan pembekalan program kerja untuk Pimpinan Komisariat sekolah. Untuk IPNU kegiatan berada di Aula utama dan IPPNU berada di ruang kelas. Dalam season ini, peserta diharapan untuk lebih tau terkait IPNU dan IPPNU serta memiliki gambaran program kerja pimpinan komisariat sebelun melakukan rapat kerja. Program kerja yang wajib dilaksanakan adalah pengembangan formal yang berupa pengkaderan, yaitu mengadakan Masa Orientasi Pelajar dan MAKESTA. Kemudian ditambah dengan agenda pengembangan non formal yang berupa diskusi, kegiatan monumental (PHBI/PHBN), pengembangan bakat minat dan peningkatan kemampuan anggota.
Pukul 16.15 WIB pendalaman materi sudah selesai, dilanjut dengan pelantikan Pimpinan Komisariat. Acara ini adalah rangkaian acara terakhir yag juga sebagai penutup agendah pada hari itu. Acara dipandu oleh Rekanita Afifah, kemudian untuk IPNU dilantik oleh Rekan Khoiri, karena Ketua Umum IPNU berhalangan hadir dan IPPNU dilantik langsung oleh ketua umum PC IPPNU yaitu Rekanita Iin. Acara pelantikan ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars IPNU dan IPPNU. Setelah itu pelantikan PK IPNU dilanjut dengan PK IPPNU. Selesai pelantikan acara senlanjutnya adalah do’a dan penutup.

Acara hari itu berjalan dengan lancar, tidak ada halangan atau kesulitan yang berarti. Setelah pelantikan selesai, terlihat semangat baru dari pengurus Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi dan ilmu yang didapatkan daat diaplikasikan sehingga Pimpinan Komisariat MTs Ma’arif NU Sutojayan menjadi lebih baik dan dapat menumbuhkan kader-kader IPNU-IPPNU yang hebat dan berkualitas.

Selamat Belajar Berjuang dan Bertaqwa...!!!

0 komentar:

Posting Komentar